Rabu, 19 Desember 2012

MENJAGA KONDISI TUBUH KALA MUSIM HUJAN


Sekarang sudah masuk musim hujan neh sobat..., memang sih memberikan kesejukan dari panas terik yang dialami pada musim kemarau. Musim hujan juga memberikan penyegaran bagi setiap makhluk hidup di lingkungan sekitar, tetapi selain itu juga kita juga harus waspada terutama masalah kebersihan. musim hujan membawa sejumlah penyakit yang dapat berbahaya untuk kesehatan jika tidak rajin membersihkan lingkungan seperti menggenangnya air, banyak rendaman pakaian kotor diember, pakaian bergelantungan di kamar merupakan rumah yang paling indah untuk nyamuk bertelur.

Perbedaan suhu tubuh yang DRASTIS juga berpengaruh terhadap kesehatan lhoo. Nah, untuk menjaga badan tetap fit di saat musim hujan, bisa ikuti beberapa tips berikut.



AWAS DEHIDRASI
Saat musim hujan, keringat tidak menguap dengan cepat karena tingkat kelembaban tinggi. Hal ini mencegah tubuh mengeluarkan panas. Sementara cairan tubuh akan sama tidak stabilnya seperti saat musim kemarau. Di anjurkan untuk selalu menyediakan minuman hangat seperti jahe karena dapat menguapkan suhu tubuh dan hindari minuman yang dingin.



MAKANLAH SECARA SEIMBANG
Karena proses Pencernaan saat musim hujan melambat, makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran seperlunya karena makan tidak saat lapar akan menggangu pencernaan. Dan disarankan juga agar rajin makan sayuran, buah-buahan dan rempah-rempah, hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan serta mencegah infeksi.



JAUHI SUMBER PENYAKIT
Musim Hujan sering dikaitkan dengan musim demam berdarah, karena hujan dalam frekuensi lebih akan menyebabkan air mengenang sehingga menjadi sarang nyamuk DBD, malaria, typhus dll. Oleh karena itu hindarilah genangan air dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar dan selain itu juga jagalah kebersihan lingkungan terutama pakaian untuk tetap kering dan bersih, hal ini untuk mencegah penyakit kulit. 



OLAHRAGA YANG CUKUP
Jika sahabat aktif berolahraga maka tubuh akan melepaskan energi yang diubah menjadi panas. Dengan suhu tubuh panas, suhu dingin yang disebabkan oleh hujan lebat akan mudah disingkirkan. Jangan remehkan hal yang satu ini karena istirahat yang cukup membantu tubuh mensuplai tenaga yang telah digunakan dengan tenaga yang baru dan membuat tubuh dan stamina anda terjaga.
Itulah sedikit tips untuk menjaga kesehatan ketika musim hujan datang. Sebenarnya, cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan sangat mudah hanya tergantung pada Anda yang mau untuk sedikit teratur untuk menjaga kebersihan baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat dan sahabat bisa selalu tetap sehat dan semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar